Penganggaran Perusahaan (Ramalan Penjualan / Forecasting Sales)


DEFINISI

Ramalan penjualan adalah suatu aktivitas yang makin penting dan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan dalam perencanaan perusahaan (business planning)

Menurut Winardi (1991,220) definisi ramalan penjualan adalah Suatu Perkiraan tentang penjualan selama sebuah periode masa yang akan datang, yang ditetapkan perkiraan mana dikaitkan dengan sebuah rencana pemasaran yang disusulkan, dan yang berisikan sejumlah kekuatan-kekuatan yang tidak dikuasai serta kekuatan-kekuatan kompetitif.

Menurut pendapat saya ramalan penjualan adalah suatu gambaran tentang apa yang terjadi di masa yang akan datang. Ramalan penjualan sendiri mencakup tentang anggaran penjualan, anggaran produk, anggaran bahan baku, dan anggaran biaya konversi. Berbeda dengan anggaran, penyusunan ramalan tidak bertanggung jawab untuk mencapai hasil yang diperkirakan. Sedangkan anggaran merupakan proses memutuskan apa yang akan dilakukan dimasa yang akan datang. Jika anggaran telah ditetapkan biasanya menunjukan indikasi adanya langkah yang diambil agar apa yang di anggarkan dapat direalisasikan sesuai ketetapan.

METODE atau CARA

Berikut ini merupakan beberapa cara atau metode yang digunakan dalam menyusun ramalan penjualan menurut Winardi :
  1. Survei Tentang Keinginan Pembeli ( Survei of Buyer Intention ). Metode ini dilakukan dengan cara mewawancarai atau bertatap muka langsung dengan pembeli. Dengan metode ini biasanya pembeli diberikan pertanyaan mengenai keinginan terhadap produk dari perusahaan tersebut. 
  2. Pengumpulan Pendapat Para Karyawan Bidang penjualan ( Pool 0f Sales Force Opinion ). Metode ini dilakukan dengan cara melakukan survey secara intern dalam sebuah perusahaan. 
  3. Pandangan Para ahli ( Expert opinion ) 
  4. Metode Pengetesan Pesan ( Market Test Method) 
  5. Proteksi Penjualan Masa Lampau ( Proyeksi of Past Sales) 
  6. Ramalan tentang Industri dan Prosentase Pangsa Pasar (Industry Forecast and share of the market percentage) 
  7. Analisa Tentang Produk Yang Sedang Digunakan ( Product In Use Analysis) 
  8. Analisa Seri Waktu ( Time Series analysis) 
  9. Analisa Permintaan secara Statistik ( Statistical Demand Analysis) 
  10. Peramalan Secara Eksponensial ( Exponential Smoothening ) 
  11. Analisa Korelasi ( Correlation. analysis ) 
  12. Konstruksi Model Econometric ( Econometric Model Building ) 

TUJUAN

Adapun tujuannya adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai Landasan Yuridis ( Sumber & Investasi ) 
  2. Pembatasan Sumber Dana 
  3. Penyempurnaan Rencana 
  4. Dan yang terakhir sebagai dasar pengambilan keputusan 
MANFAAT 

Anggaran sangat bermanfaat karena, dengan menyusun anggaran perusahaan akan mudah dapat mengevaluasi kinerja sera dapat memanfaatkan kesempatan untuk perluasan usaha. kegiatan lebih terarah dan dapat menghindari pemborosan.


---------------- TERIMA KASIH ----------------

Komentar

Postingan Populer